Surabaya, Otomotif1.com – Isuzu Traga yang dihadirkan pada Mei 2018, kemudian melanjutkan kampanyenya di Jawa Timur, pada ajang GIIAS 2019 Surabaya yang dilangsukan beberapa waktu lalu. Isuzu Traga menjadi rising star pada GIIAS 2019 Surabaya, hal ini dibuktikan dengan angka penjualannya yang cukup bagus pada GIIAS 2019 Surabaya.

PT Astra International Tbk-Isuzu cabang Margomulyo Surabaya, selaku distributor resmi Isuzu untuk wilayah Gresik dan Surabaya Utara, mengundang beberapa media untuk merasakan sensasi berkendara dengan kendaraan komersial yang saat ini menjadi andalan Isuzu di kelas menengah.

Secara umum, LCV terbaru dari Isuzu ini sebenarnya lebih mengedepankan pada fungsi, yaitu sebagai kendaraan angkutan barang. Meski demikian, jangan salah jika kita masuk ke dalam kabin depannya meski terkesan biasa saja layaknya sebuah kendaraan niaga, tapi sisi kenyamanannya tidak diabaikan oleh pihak pabrikan.

Isuzu Traga interior

 

Desain dasbor memang dibuat begitu sederhana, karena memang sepertinya Isuzu Traga lebih mengutamakan ulitiltas seperti panel indicator yang terlihat jelas dari posisi duduk sopir, cup holder di sudut dasbor denan jarak yang mudah untuk dijangkau dari posisi duduk pengemudi, serta jarak pandang luas karena frame kaca depan didesain begitu lapang.

Untuk posisi duduk pun, terasa lebih tinggi dibanding rival sekelasnya, sehingga lebih memudahkan pandangan ke depan maupun sekeliling.

Dengan jok yang ergonomis yang bisa diatur secara manual, menyesuaikan lekuk tubuh orang Indonesia, dan headrest yang menyatu pada bagian jok membuat lebih nyaman untuk sekadar menyandarkan kepala.

Meskipun diisi dengan 3 orang dewasa dengan tinggi tubuh 178 cm, pada bagian kabin masih terasa nyaman hal ini disebabkan karena danya blower di sisi kanan dan kiri, selain itu ada juga radio single dine hingga analog cluster pada odometer, fuel meter, sampai info suhu pada mesin.

Isuzu Traga dashboard

 

Isuzu Traga menggunakan mesin berkapasitas 2,5 L dengan kode 4 JA 1-L sama seperti yang ada pada Isuzu Panther, dengan tenaga 79Tk, torsi 191 Nm. Hal ini pula yang membuat sensasi berkendara dengan Isuzu Traga agak berbeda, tidak berisik, tenaga yang cukup besar dan torsi yang melimpah. Dengan 5 percepatan manual, Isuzu Traga memiliki radius putar 4.5 meter.

“Salah satu keuggulan dari Traga dibanding kompetitor terdapat pas mesinnya. Traga menggunakan mesin Panther yang sudah tidak diragukan lagi dengan ketangguhannya. Semua orang tahu mesin Panther bandel, irit dan mudah dalam segi perawatan. Ditambah lagi spare part yang mudah ditemukan dipelosok pelosok daerah di Indonesia,” jelas Junjun Julistiono, Kepala Bengkel Astra Isuzu Margomulyo yang mendampingi kami saat itu.

 

Jujun Julistiono (Kepala Bengkel)

Kelebihan lain dari kendaraan yang didevelop di Jepang pada tahun 2014 ini adalah daya angkutnya luar biasa besar dibandingkan kompetitor. Bayangkan saja kapasitas box yang super jumbo dengan ukuran lebar 1.620 mm dan panjang 2.810, ditambah box space sebesar 1.6 m2.

Catatan penting dari test drive Isuzu Traga di Surabaya, setidaknya kami terkesan dengan suspensi kendaraan angkutan ini. Dengan mengadopsi double wishbone dengan per keong pada roda depan, sangat mumpuni untuk meredam entakan saat kendaraan melibas lubang cukup besar di jalan. Sedangkan pada roda belakang yang menggunakan model per daun memang sangat terasa bantinganya cukup keras ketika muatan kurang atau kosong.

Isuzu Traga Laris Manis di Jatim

Bicara mengenai pasar Isuzu khususnya Isuzu Traga di Jawa Timur dan Surabaya, Morin Tjandra Kepala Cabang Astra International Isuzu Margomulyo mengatakan, pasar Isuzu Traga cukup bagus di Jawa Timur karena itu Jawa Timur menduduki peringkat kedua pada penjualan nasional.

“Market share untuk Surabaya sendiri totalnya 34,3% secara pertumbuhan memang cukup tinggi dibandingkan dengan tahun kemarin. Kenaikan ditahun ini cukup tinggi pertumbuhannya. Memang secara volume dibandingkan dengan kompetitor kita memang masih berada diposisi kedua, tapi kita ngambil share ‘kuenya’ cukup banyak. Volume kompetitor memang masih cukup tinggi, tapi kami berhasil menggerus pasar mereka,” jelas wanita kelahiran 1977 ini.

 

Morin Tandra (Kacab)

Jika melihat kampanye yang dilakukan Asta Isuzu Jatim sepanjang 2018 terhadap produk barunya ini, memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka jor-jor an melakukan penetrasi pasar langsung dengan melakukan program Grebek Pasar dihampir semua lokasi pasar induk di Jawa Timur.

Terbukti, penjualan Isuzu Traga pun laris manis dalam kurun waktu kurang lebih 5 bulan. Isuzu Traga sukses menguasai pasar untuk kelas medium commercial vehiscle, dibeberapa bagian daerah di Jawa Timur dan Surabaya.

“Kebetulan Isuzu Margomulyo sendiri mencover penjualan Isuzu Traga untuk wilayah Utara Surabaya dan Gresik. Nah, di wilayah utaranya sendiri Isuzu Traga sudah menjadi nomor satu dengan total penjualan sebesar 56,6% dari bulan Januari – Mei 2019,” paparnya.

Lebih lanjut Morin menjelaskan, kenapa Isuzu Traga begitu mudah diterima masyarakat konsumen karena ada beberapa factor salah satunya historical atau sejarah dari keberadaan Isuzu di Indonesia.

“Penggemar dan loyalis pengguna Isuzu di Jawa Timur khususnya Surabaya cukup banyak. Dengan mesin 4 JA 1-L kemudian sudah turbo 80Ps terkenal irit itu sudah memebuat Traga sendiri dilirik konsumen. Kemudian kerinduan dari pemakai Isuzu terhadap produk baru dari Isuzu. Dan kemudian branding Isuzu sekarang kan sudah mengarah ke komersial tanpa melupakan yang passangger,” ungkapnya.

Layanan Purna Jual

Soal layanan purna jual Isuzu, konsumen rasanya tidak perlu khawatir. Isuzu bukanlah brand baru di Indonesia, mencari spare part Isuzu di pelosok Indonesia sangat mudah. Saat ini Isuzu memiliki outlet sebanyak 107 outlet dengan jumlah jaringan sebanyak 2.384 tersebar di 355 kota diseluruh Indonesia. Selain itu, Isuzu juga memiliki 12 depo suku cadang yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Lampung, Semarang, Palembang, Manado dan Bali. 

 

isuzu traga bak

Harga dan Promo Isuzu Traga

Isuzu Margomulyo sampai saat ini masih melakukan promo menarik kepada konsumen yang ingin memiliki Isuzu Traga. Khusus untuk program promo pembelian Isuzu Traga di Isuzu Margomulyo ada paket promo 1-2 tahun bunga Nol persen atau DP Rp8 juta, konsumen bisa memilih salah satunya dari paket yang diberikan.

Isuzu Traga dibanderol dengan harga OTR Jawa Timur dengan dua varian berbeda yaitu Traga Pick up Rp210.600.000 dan Traga Box Rp 236.100.000.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Astra Isuzu Tbk Margomulyo di nomor telepon (031) 7498800 (hunting).

 

-----

Sumber : https://www.otomotif1.com/17146/isuzu-traga-torsi-melimpah-kapasitas-angkut-terbesar-kelasnya/